Selasa, 22 Februari 2011

127 Hours

Bagaimana rasanya terjebak di himpitan tebing selama lima hari dan tidak menemukan pertolongan sama sekali? Hal inilah yang dirasakan oleh Aron Ralston, seorang pemanjat tebing yang terjebak di himpitan lembah di Utah pada tahun 2003 lalu. Kisah nyatanya menginspirasi banyak orang dan kini telah dituangkan ke dalam layar lebar oleh sutradara pemenang Oscar untuk Slumdog Millionnaire, Danny Boyle. Ia juga banyak membawa banyak kru pemenang Oscar dalam film ini, penulis Simon Beaufoy, komposer musik A.R.Rahman dan sinematografer Anthony Dod Mantle. Tayang pertama kali di Toronto Film Festival, banyak sambutan positif atas film ini bahkan banyak yang mengganggap bahwa dengan film ini sutradara ini akan kembali masuk ke ajang Oscar tahun 2011 ini.


Walau pun film ini masuk nominasi Oscar tahun ini, sayangnya nama Danny Boyle tak berada dalam salah satu nama sutradara terbaik calon penerima piala bergengsi ini. Panitia Academy Award lebih memilih 6 kategori dalam film ini yang hampir semuanya masuk dalam nominasi bergengsi. Keenam nominasi bergengsi tersebut adalah Film Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik, Editing Terbaik, Original Music Score Terbaik, Lagu Terbaik, dan Aktor Utama Terbaik. Diharapkan bahwa Oscar yang akan dilaksanakan bulan Februari ini akan dimenangkan film ini untuk menebus kekalahan di ajang Golden Globe beberapa waktu yang lalu, setelah tidak satu pun nominasi yang didapatkan gagal untuk dimenangkan.


Ketika film ini tayang, kabarnya ada beberapa penonton yang sampai pingsan sebab melihat salah satu adegan yang dianggap sangat realistis, padahal hanya efek belaka. Saya pun sampai meringis dan setengah mengintip melihat adegan klimaks di penghujung film.


Karena ini berdasarkan kisah nyata, tentu akhir ceritanya sudah bukan rahasia lagi, Ralston selamat tapi bagaimana dirinya selamat dan apa kejadian sebelum dan ketika dia terjebak mungkin belum banyak orang yang mengetahunya. Lalu seperti apakah Aron Ralston sebenarnya? Inilah yang menjadi titik utama filmnya di samping tentu saja akting dari James Franco sebagai pemeran utamanya. Ketika terjebak, Aron berusaha melakukan apa saja untuk membebaskan dirinya, dari mulai menggerakkan tubuhnya, menulis namanya di dinding bebatuan sampai membuat rekaman video sebagai pesan bagi keluarga yang ditinggalkannya karena dia merasa bahwa waktunya hanya tinggal sebentar lagi. Lalu dia melakukan sesuatu yang sangat drastis untuk membebaskan dirinya sendiri. Apakah itu?


Dengan minim pemain serta kondisi ‘terjebak’ ini akan mengingatkan kalian akan Cast Away yang dibintangi oleh Tom Hanks serta Into the Wild dengan bintang Emile Hirsch yang mengetengahkan tema perjuangan hidup serta keterasingan manusia di tengah alam yang luas. Keduanya mengandalkan alam yang indah serta satu tokoh utama yang kuat serta memiliki tekad untuk berjuang hidup sampai titik darah penghabisan.




Link Download Sukair BRRip : 127 Hours

Subtitle : Indonesia

Tiada ulasan:

Catat Ulasan