Rabu, 27 Oktober 2010

Pentingnya Membentuk Aliansi Bisnis

Pernah mendengar istilah “bersekutu tambah mutu” ? itu adalah semboyan Negara tetangga.Ketika saya berniat menulis artikel ini entah kenapa kalimat tersebut seperti mewakili apa yang hendak saya sampaikan. Di artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai pentingnya membangun community. Kali ini saya akan membahas lebih tajam lagi,sekiranya apa saja manfaat membangun sebuah Aliansi bisnis.Dalam bahasa sederhana Aliansi bisnis dapat diartikan sebagai sebuah “perkongsian” yang melibatkan beberapa bidang bisnis dalam satu “business line” yang masih sama, namun spesifikasi produk atau jasa nya berbeda.

Saya juga sempat sedikit melakukan pengamatan terhadap beberapa Aliansi bisnis yang ternyata dapat bertahan hingga sekarang dan ini sangat menguntungkan konsumen sebab “nilai” produk yang mereka terima bisa lebih besar daripada jumlah yang mereka bayarkan. Setidaknya ada beberapa point manfaat yang bisa diperoleh para Pebisnis jika mereka melakukan Aliansi Bisnis dengan beberapa rekan yang punya integritas yang tinggi dalam menjalankan bisnis yang berkelanjutan .

1. Meningkatkan Kualitas Tenaga Pemasaran
Disadari atau tidak,sebenarnya ketika Aliansi bisnis itu sendiri telah memungkinkan bertambahnya tenaga pemasaran.Bisa saja bukan penambahan personil,tetapi penambahan secara  kualitatif dari pemasar itu sendiri. Ini terkait erat dengan “besaran nilai” produk yang ditawarkan kepada konsumen.Sehingga Investasi yang tertanam bisa lebih efisien dikelola dan tidak dihamburkan di kegiatan promosi dan hard selling saja.

2. Membuka Pasar lebih Luas
Perhatikan,ketika sebuah bisnis Travel  ber-aliansi dengan sebuah maskapai penerbangan,yang memungkinkan konsumennya membeli tiket pesawat sekaligus membeli paket tour dalam satu atap,bukankah ini sekaligus membuka pasar yang lebih luas ? bisa jadi calon konsumen awalnya hanya bermaksud membeli tiket pesawat saja,namun karena penawaran paket tour nya juga menarik maka ia akan membeli keduanya. Ini hanya contoh kecil saja dari kekuatan Aliansi bisnis yang saya maksudkan.

3. Lebih Produktif
Produktifitas sebuah bisnis merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan . Jika dikatakan bahwa konsumen adalah “ next action” maka produktifitas adalah berbanding lurus dengan next action tersebut. Aliansi bisnis memungkinkan beberapa unit bisnis tersebut tumbuh terus dalam kurva produktifitas yang baik sebab hamier selalu saja ada “next action” yang harus dilakukan.

4. Lebih Mudah Menemukan Solusi
“Dua kepala lebih baik dari pada satu “ saya rasa kalimat tersebut juga sangat relevan bila kita kaitkan dalam penjelasan saya kali ini. Strategi yang sudah dirancang sebelumnya dalam perjalanan waktu pasti akan menemukan masalah masalah yang menuntut solusi cepat dan tepat. Bayangkan jika Anda berbisnis sendiri dan menghadapi persoalan sendirian pula,maka bisa jadi penilaian Anda sudah tidak lagi objektif sebab hanya dari satu sudut pandang Anda saja. Tapi Aliansi bisnis memungkinkan partner bisnis Anda untuk turut serata memberi penilaiannya. Sehingga solusi yang dihasilkan bisa jadi lebih baik dan komprehensif memecahkan masalah – masalah bisnis tersebut.

5. Pertukaran Informasi dan Testimoni
Dewasa ini,testimonial dari pembeli sebuah produk bisa menjadi sebuah “Promosi gratis” yang sangat baik efeknya terhadap psikologi calon pembeli lainnya. Aliansi dalam sebuah bisnis juga memungkinkan Pertukaran Informasi pasar,Perilaku konsumen dan mungkin juga informasi penting mengenai “gerak gerik” pesaing yang bisa kita antisipasi secepatnya. Selalu saya simpulkan bahwa di akhir semua “strategi bisnis “ yang ada adalah diharapkan adanya “long term profitable growth “ yang baik dan berkesinambungan. Bukan hanya kemarin dan hari ini,tapi juga pertumbuhan keuntungan di masa depan. Dan Konsumen pun mendapatkan nilai atau manfaat yang setimpal atas cost yang mereka “tukarkan” dengan nilai produk itu sendiri.
Setelah membaca beberapa manfaat di atas,silakan jika ada yang mau ber-aliansi bisnis dengan saya.maka dengan sangat senang hati saya menyambut kesempatan itu.
Semoga bermanfaat !

Artikel lain = 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 71 72

NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman - teman anda, gunakan tombol di bawah ini =

Tiada ulasan:

Catat Ulasan