Sabtu, 9 Oktober 2010

10 Anggapan Dan kenyataan ( BENAR / SALAH ) Tentang Bisnis Online

Anggapan tentang bisnis online pasti banyak memiliki perbedaan dari sudut pandang masing-masing orang. Tidak jarang banyak orang yang berkata "bisnis online = bisnis penipuan", Namun tidak jarang juga banyak yang mengatakan "bisnis online = bisnis mudah waktu fleksibel hasil luar biasa". Sebenarnya mana yang benar dan manakah yang salah ??

Menurut saya keduanya tidak ada yang salah, karena ini semua tergantung dari sudut pandang masing-masing orang tersebut. Nah, untuk menjawab ini semua saya akan jabarkan dan terang kan 10 kenyatan tentang bisnis online yang harus anda ketahui dan anda bisa simpulkan sendiri hasilnya. Berikut 10 Anggapan Dan kenyataan  Benar / Salah Tentang Bisnis Online :

# 1. Kita membuat website lalu setiap pengunjung yang datang ngeklik dan kita dapat duit. 
( Benar / Salah )
~ Benar jika bisnis Anda adalah berjualan space iklan. Ini identik dengan bisnis stasiun TV, atau bisnis baliho iklan yang sering Anda lihat di perempatan lalu lintas.
~ Salah jika Anda membayangkan bisnis seperti toko baju, toko mainan, dan lain-lain.

# 2.  Kita membeli produk yang dapat menghasilkan uang secara otomatis. ( Benar / Salah )
~ Benar jika anda sudah memiliki bisnis yang dapat menghasilkan uang, tapi prosesnya masih manual dan Anda ingin melakukan nya hingga menjadi bisnis yang otomatis.
~ Benar jika Anda melihat peluang tersebut sebagai program investasi dan Anda mengerti sepenuhnya cara kerja dan risiko program tersebut. Kalau Anda membeli produk investasi reksadana, saham, forex, unit link, atau komoditas, Anda secara otomatis mendapat uang bukan? Tapi Anda juga berisiko kehilangan sebagian atau seluruh uang yang Anda investasikan.
~ Dan Salah jika Anda membayangkan bisnis online dijalankan dengan cara menjalankan program bisnis pihak tertentu.

# 3.  Kita membeli produk yang dapat dijual kembali untuk menghasilkan uang. ( Benar / Salah )
~ Benar jika Anda memahami bahwa konsep ekonomi paling mendasar adalah pertukaran barang dan jasa dengan pertambahan nilai. Contoh : Sebuah bisnis minimarket membeli mie instan dari pabrik/supplier dengan harga lebih murah lalu menjualnya kepada Anda dengan harga lebih mahal. Tidak terdengar aneh, bukan?

Tidak aneh karena memang ada pertambahan nilai di situ. Minimarket tersebut lebih mudah dijangkau dari tempat tinggal Anda, lebih nyaman, stafnya lebih ramah ( mungkin cantik-cantik hehe.. ) dan Anda bisa membeli eceran karena di pabrik harus membeli sekian dus.

~ Salah jika Anda berpikir untuk semua jenis bisnis online, Anda harus membeli produk. Ada jenis-jenis bisnis online di mana Anda tidak perlu membeli produk yang Anda jual, misalnya bisnis affiliasi.

Perlu dimengerti bahwa Anda mungkin perlu membeli produk untuk mendukung operasional bisnis Anda, bukan sebagai inti dari bisnis Anda. Sebagai ilustrasi : Bedakan antara membeli kios untuk jualan bakso, dengan membeli kios untuk bisnis properti ( disewakan atau dijual kembali ). Sama-sama beli kios, tapi tujuannya berbeda, dan bila Anda tahu bedanya, maka kedua-duanya sah-sah saja.

# 4.  Kita tinggal duduk-duduk santai di depan laptop, dapat duit. ( Benar / Salah )
~ Benar jika Anda sudah melakukan langkah-langkah menjalankan bisnis online sampai ke tahap otomatisasi.
~ Salah jika Anda berpikirkan bahwa pebisnis online tidak perlu belajar, mempraktekkan, trial & error, dan mengevaluasi perkembangan bisnisnya dan ini bisa memakan waktu berbulan-bulan.

# 5.  Pebisnis online memiliki penghasilan ribuan dollar / puluhan juta setiap bulannya.
( Benar / Salah )
~ Benar jika pebisnis tersebut memiliki :
(1) ilmu & skill yang tepat.
(2) mempunyai business model yang sesuai dengan kemampuannya.
(3) melakukan pemasaran bisnisnya dengan baik ke target pasar.
(4) selalu mengembangkan diri & bisnisnya agar sesuai dengan perkembangan pasar & kompetitor.
~ Salah jika Anda berpikiran penghasilan seorang pebisnis itu tetap seperti karyawan atau bahkan selalu meningkat seperti magic. Pebisnis yang sukses pun dapat mengalami penurunan omset, bahkan kerugian. Manajemen bisnis yang baik diperlukan untuk menjaga bisnis tetap profit.

# 6. Bisnis online adalah bisnis paling baik sehingga bisnis offline sudah ketinggalan zaman. ( Benar / Salah )
~ Salah! Internet hanyalah satu dari 7 media berikut : 
(1) media cetak/gambar.
(2) rekaman.
(3) radio.
(4) film.
(5) TV.
(6) Internet.
(7) mobile.

Anda dapat membuat bisnis khusus online, yang nantinya akan dikembangkan ke offline.
Anda juga bisa membawa bisnis offline ke ranah online.
Anda boleh pilih salah satu, salah dua, atau bahkan salah 7 ( semua ) dari media tersebut.

# 7. Bisnis online sangat mudah sehingga bisa dilakukan siapa saja bahkan anak SD sekalipun. ( Benar / Salah )
~ Benar jika seseorang memiliki paradigma yang benar tentang bisnis online, memahami kelebihan & kekurangan bisnis online, dan punya 4 modal utama berbisnis online : komputer, Internet, waktu, dan kemauan.
~ Salah jika anda mengartikan bisnis online bisa di jalankan oleh siapa saja bahkan anak SD dengan cukup duduk, mengetik ini itu dan tanpa modal utama 4 di atas uangpun datang.
 
# 8. Bisnis online membutuhkan modal yang besar. ( Benar / Salah )
~ Salah jika Anda tahu apa saja modalnya, dan bagaimana mencari modal tersebut. 4 modal utama berbisnis online : komputer, Internet, waktu, dan kemauan.

Komputer & Internet mungkin tidak membutuhkan uang bagi sebagian orang yang bekerja di warnet, atau yang sudah mempunyai laptop dengan koneksi Internet bulanan. Sebagian orang lainnya, membutuhkan uang untuk itu.

Bagaimana jika tidak punya? Anda bisa meminjam punya teman. :-) Yang terbaik adalah menjadi negosiator, Anda menjalin hubungan kerjasama dengan orang yang memiliki modal, dan Anda memberikan jaminan win-win solution. Waktu semakin sulit didapat akhir-akhir ini. Tapi jika Anda punya kemauan, pasti Anda bisa meluangkan waktu, dan mendapatkan modal yang lain.

Kemauan ada 2 : Belajar & Praktek. Praktek saja tapi nggak ngerti ilmunya, bakal sia-sia atau bahkan merugikan, dan menghasilkan paradigma yang salah. Belajar saja tapi nggak dipraktekin, Anda nggak akan menghasilkan apapun, hanya sekedar “Andai…”
 
# 9. Bisnis online tidak butuh modal. ( Benar / Salah )
~ Benar jika Anda sudah punya 4 modal utama : komputer, Internet, waktu, dan kemauan dan Anda menyadari bahwa dalam setiap tahap perkembangan bisnis selain menghasilkan profit, juga sebagian diinvestasikan lagi ke dalam bisnis itu sendiri.

~ Benar jika beranggapan modal bisnis online lebih & murah mudah dimulai dari bisnis offline. Contoh: Untuk menyewa webhosting Anda butuh kira-kira Rp 350rb/tahun, sedangkan untuk menyewa ruko Anda butuh Rp 15 juta/tahun. ( Sangat jauh sekali bukan, bedanya )

~ Namun Salah jika beranggapan bisnis online dapat dijalankan dengan modal sama sekali NOL, tanpa belajar dan mempraktekkan ilmu dengan baik.

# 10. Bisnis online adalah penipuan dan sudah banyak rekan-rekan yang tertipu dengan iming-iming fantastis. ( Benar / Salah )

~ Benar, jika sebelum mengikuti bisnis online kita tidak mencari dahulu informasinya tentang bisnis tersebut. Dan langsung saja percaya tanpa memakai logika.

Contoh : Bisnis yg menawarkan CUKUP memasukkan no. rekening tanpa melakukan apapun kita akan jadi kaya ( coba gunakan logika ), pemiliki web bisnis tersebut tidak menceritakan siapa dia ( dari mana kita tahu bahwa ia ahli di bidang tersebut ), kontak tidak jelas ( jika kita butuh bantuan kemana kita bisa hubungi ) dll.


~ Salah, jika menganggap semua bisnis online penipuan. Saya melihat banyak bisnis online di indonesia yang di bangun oleh para internet marketing yang sudah ahli dan saya pribadi pun masih terus belajar tentunya dengan ilmu-ilmu mereka lainnya yang tidak saya tahu :-)

Sama seperti di “dunia nyata”, penipuan terjadi di mana-mana.

Bagaimana agar tidak tertipu? Dapatkan informasi selengkap-lengkapnya tentang program bisnis tersebut, pelajari cara kerjanya, dan gunakan logika Anda.

Penipu dan kriminal semakin lama semakin canggih dan pintar, maka yang bisa Anda lakukan adalah terus waspada. Temukan orang yang dapat Anda percaya, dan saling menjaga kepercayaan. Selalu dapatkan update informasi dari sumber-sumber yang terpercaya, misalnya dari blog ini :-)

Artikel lain = 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 71 72

NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman - teman anda, gunakan tombol di bawah ini =

Tiada ulasan:

Catat Ulasan